Sejarah Ubin Pemandu atau Guiding Block

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Guiding block yang disebut ubin taktil ini diciptakan oleh seorang warga negara Jepang bernama Seiichi Miyake. Pak Seiichi membuat ubin taktil pertama pada tahun 1965 karena ingin membantu temannya yang mulai kehilangan penglihatan. Setelah mencoba menciptakan ubin taktil yang di Jepang disebut Tenji block, Pak Seiichi mulai memperkenalkan penemuannya pada 18 Maret 1967. Ubin taktil pertama dipasang di kota Okayama, tepatnya di sebelah sekolah khusus untuk tunanetra. Ubin tekstur pemandu ini kemudian menyebar ke seluruh dunia, hingga akhirnya Indonesia ditengarai sebagai salah satu negara pengimpor ubin tekstur pemandu ini.

Manfaat dari ubin tekstur pemandu bukan hanya ditinjau dari sisi teknis yang dapat membantu tunanetra untuk berjalan dan mengetahui arah. Lebih dari itu dengan adanya petunjuk ubin tekstur pemandu maka individu tunanetra akan merasakan kenyamanan, kemandirian, dan kepercayaan diri sehingga nantinya akan meningkatkan kualitas hidup penyandang tunanetra. Tersedianya guiding block di hamper setiap penjuru kota memang sulit direalisasikan.

CV Futake Indonesia menyediakan tactile/guiding block berbahan alumunium dan terdapat 2 jenis yaitu timbul garis dan timbul titik. Untuk info stock produk dan penawaran bisa menghubungi kami di :
• No. Telp (0272)5533243
• Wa Admin 1 ( 0822 2999 2299)
• Wa Admin 2 ( 0813 7799 0055)

Ada Pertanyaan?

[contact-form-7 id="174" title="Contact Form"]

Artikel Lainnya

Scroll to Top